BELAJAR MENYENANGKAN DENGAN WORDWALL DI MASA PANDEMI

Seorang anak memainkan game wordwall
Belajar Menyenangkan Dengan Wordwall Di Masa Pandemik Pada saat pandemi seperti ini bapak dan ibu guru harus bisa mensiasati pembelajaran di rumah. Ada banyak solusinya seperti memberikan tugas baik secara offline atau mengerjakan soal online menggunakan google formulir, Google Classroom, atau quizizz.

Tapi saat ini kita tidak hanya menghadapi faktor fenomena pandemi yang membuat kegiatan pembelajaran tersendat, akan tetapi faktor ketertarikan anak didik kita pada game online. Ya game online, yang saat ini menjadi idolah, baik dari anak kecil hingga orang dewasa. Sebagai pendidik kita semestinya bisa membalikan keadaan fungsi dari game tersebut, dengan misalnya bermain game dengan fitur pembelajar.

Dari alasan tersebut saya memiliki sebuah opsi yang mungkin dapat membantu rekan-rekan sesama guru untuk mengatasi dua fenomena yang terjadi saat ini. 

Di sini saya mencoba berbagi pengalaman dengan metode bermain game sambil belajar. untuk ini saya menggunakan aplikasi  Wordwall, yang menurut saya cocok di gunakan oleh guru SD seperti saya, selain itu mudah digunakan dan tentunya gratis pula. untuk mencoba aplikasi tersebut, silahkan rekan-rekan klik tautan ini https://wordwall.net/.

Berikut cara membuat game pembelajaran online menggunakan worldwall :

Masuk ke worldwall dengan mengklik tautan diatas atau melalui laman pencarian google

Kemudian pilih link seperti di bawah ini


Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini


Selanjutnya pilih menu sign up seperti pada gambar di atas untuk regestrasi pengguna.


selanjutnya akan tampil seperti gambar di atas kemudian : 
  1.  Klik botton berlogo google yang berwarna biru apabila kita telah akun google yang telah tersimpan di aplikasi google chrome.
  2. Apabila belum memiliki atau memasukan akun lain silahkan isi kolom yang dilingkari seperti ditunjukan nomor 2.
  3. Centang dengan cara mengklik bagian nomor 3
  4. Setelah terisi dan mencentang silahkan klik tombol sign up seperti pada bagian nomor 4

Setelah itu maka akan terbuka tampilan seperti diatas, dan cek bagian akun seperti pada petunjuk 1, senkutnya silahkan berkreasi dengan mulai membuat game dengan cara klik bagian no 2 seperti gambar di atas


Kemudian akan tampil seperti gambar diatas, kemudian silahkan pili jenis game apa yang dikehendaki. Sebagai contoh saya memilih jenis quiz.

Setelah itu akan masuk ketampilan seperti diatas, masukan judul quiz yang akan di buat pada kolom nomor 1. Selanjutnya pada kolom yang ditunjukan nomor 2 dan 3 ketikan nama pencocokan atau gambar yang sudah disediakan oleh aplikasi, seperti contoh di bawah ini 




Selanjutnya jika ingin menambahkan soal silahkan klik pada bagian nomor 1, setelah selesai klik done yang ditunjukan pada nomor 2 seperti gambar di atas.


Setelah tampil gambar seperti diatas kemudian silahkan pilih tipe game yang akan di buat. 


selanjutnya skrol halaman kebawah maka akan tampil pengaturan seperti gambar di atas. Untuk memilih tema silahkan pilih dan klik seperti yang di tunjukan nada nomor 1, kemudian ke pengaturan lainnya seperti ditunjukan pada nomor 2, silahkan bereksplorasi seperti pada funginya masing-masing. selanjutnya pilih opsi seperti yang ditunjukan pada nomor 3.


Kemudian skrol kebawah lagi maka akan tampil menu pengaturan peserta yang mengerjakan tugas atau latihan, dalam hal ini siswa kita. pilih options.


Lalu tampilannya akan seperti gambar diatas dan silahkan bereksplorasi seperti pada fungi masing-masing fiturnya.

Setelah semua selesai kembli skrol ke atas dan pilih tombol share untuk membagikannya pada siswa seperti di tunjukan pada gambar di atas.


Maka akan tampil pilihan seperti ini, silahkan untuk pilih yang nomor 2 karna kita akan membagikannya ke siswa kita.


Kemudian silahkan atur opsi seperti gambar diatas, kemudian klik start



Maka akan tampil seperti gambar diatas, silahkan pilih lewat aplikasi apa link akan dibagikan kepada siswa, selanjutnya klik done. dan game kita siap untuk dimainkan oleh siswa kita.

silahkan klik link di bawah ini jika ingin mencoba game yang saya buat sebagai contoh :


Demikian tutorial pembuatan game pembelajaran online ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih


 



Posting Komentar

5 Komentar

  1. Terimakasih utk ilmu barunya master...

    BalasHapus
  2. sukses, terbukti setetes itu jd lautan. congrats

    BalasHapus
  3. Keran mantab anak muda yang kreatif.

    BalasHapus
  4. Wah keren pak ... Asyik juga tu quiz nya ...pasti anak2 senang tu main sambil ngerjakan soal tampilan nya menarik.
    Terimakasih pak ... AQ dapat ilmu baru lagi dan ditunggu karya berikutnya

    BalasHapus

 AKSI NYATA TOPIK 1 MERDEKA BELAJAR