BELAJAR BEREKSPERIMEN DARI BARANG BEKAS

 

Gambar Kerangka Kubus dan Limas Segi tiga

Siang tadi aku mendapatkan ide tulisan, yang nantinya akan ku tuangkan kedalam blog sederhana ini. Tepat jam 12.00 wib, saat waktunya istirahat, kubereskan semua bahan aktifitas ku diatas meja kerja di rumah, terdengar suara-suara aneh di belakang rumah. Aku mulai memanggil anak ku yang aku kira tadinya melakukan aktifitas aneh-aneh, ternyata aku keliru.

Terlihat anak lelakiku itu sibuk mengerjakan sesuatu, penasaran akupun mendekati dan bertanya,
"Lagi ngapain kak?," tanya ku
"Buat pekerjaan rumah yah," tanpa menoleh ia menjawab sembari sibuk dengan pekerjaannya.
Semakin penasaran aku lebih mendekat dan duduk di sebelahnya, terlihat sebuah sendal jepit bekas di potong-potong dadu, lidi di tumpuk rapi, sebuah paku di sebelahnya, gunting dan cutter yang dia pegangpun tanpak tidak asing untuk ku, "Hadee rusak lagi neh inventaris ATK ku," aku berkata dalam hati.
"Pekerjaan rumah apa toh kak?," Ku ulangi pertanyaan ku.
"Matematika yah, buat kerangka kubus," jawabnya sembari menatapku menghentikan aktifitasnya.
"Oh.... Kerangka kubus, dari sandal jepit?," tanya ku kembali.
"Iya yah, tugas dari pak guru untuk buat alat peraga," jawabnya sambil melanjutkan pekerjaannya.

Terasa ada kebanggaan sebagai orang tua memiliki anak yang berfikir kreatif  seperti ini, lalu dengan segera aku membantunya, tapi dia menolak dengan alasan nanti nilainya buat ayah bukan buat kakak. Aku tersenyum dan membiarkannya mengerjakan tugasnya sendiri, dan luar biasa pekerjaannya selesai dengan baik walaupun belum begitu rapi, tapi sebagai orang tua aku tetap memotivasi anak dengan baik. 

Ada beberapa pelajaran terselip di hari ini, bahwasannya membiarkan anak berkreasi dengan pemikirannya sendiri berpengaruh kepada kepribadiannya, menjadi anak yang bertanggungjawab pada tugasnya, dan melatih kejujurannya. Tugas kita sebagai orang tua hanya mendorong, mendukung, mengarahkan serta memotivasi agar kepercayaan terhadap dirinya sendiri meningkat.

Demikianlah pengalaman ku hari ini. Pengalaman yang bukan hanya mengandung unsur pendidikan, tetapi pemikiran dalam berkreasi anak bila mendapatkan sentuhan dukungan dari orang tua, akan melahirkan buah keberhasilan yang baik.

Terimakasih, semoga pengalaman yang dituangkan dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.


Kegiatan tadi terekam dalam kamera saya, silahkan di cek videonya pada tautan link di bawah ini,

Chanel Youtube Karya Pemula Cah Ndeso

   

 

  


Posting Komentar

6 Komentar

 AKSI NYATA TOPIK 1 MERDEKA BELAJAR