Cara Memasang/Memasukan File PowerPoint ke Postingan Blog

 


Beberapa waktu yang lalu seorang teman menghubungi saya, beliau menanyakan sebuah pertanyaan yang mungkin bisa saya jawab, tetapi untuk menjawabnya saya membutuhkan waktu yang cukup lama saat menjelaskan jawaban saya. Akhirnya muncul ide untuk menuliskan jawaban dari pertanyaan teman saya tadi di blog ini.
untuk menjawab rasa penasaran teman saya tadi tentang memasukan/memasang file PowerPoint ke postingan blog, akan saya jelaskan berikut ini :

Memasang file PowerPoint ke postingan blog menggunkan google drive dengan fasilitas google slide. Menurut saya, mengupload file ppt ke google drive lebih enak dari pada di slide share, entah apa alasanya saya gak tau, mungkin karena udah sering menggunakan layanan dan fasilitas google, jadi suka yang ala google deh ( wiwiting tresno jalaran songko kulino )

Sebelum kita memasukan file ppt ke dalam postingan blog, tentunya kita harus menyiapkan file ppt yang akan akan kita pasang di blog terlebih dahulu, kemudian kita upload ke google drive. Untuk lebih jelasnya ikuti tutorial berikut ini :

1. Silahkan masuk ke akun google drive teman-teman sekalian,

2. Selanjutnya kita upload file PowerPoint tadi ke google drive, caranya klik tulisan " BARU "  dan kemudian pilih dan klik klik unggah file

 

3. Kemudian setelah jendela baru tampil pilih file PowerPoint yang akan di upload ke google drive pilih dan klik open.


4. Tunggu proses upload filenya 100 %


5. Setelah proses upload selesai, cari file yang sudah kita upload ke drive tadi dan klik kanan, kemudian pilih "buka dengan" dan pilih google slide



6. Setelah tampil aplikasi google slidenya, kemudian pilih "file" dan pilih "Publikasikan di web"


7. Maka akan tampil jendela seperti pada gambar dibawah ini kemudian pilih "sematkan," atur ukuran slide yang di kehendaki, centang dua kotak pilihan, serta copy kode yang ada didalam kotak dialognya.


8. Setelah kode di copy, silahkan masuk kedalam blog anda dan buka postingan yang akan anda sematkan file powerpointnya. kemudian pilih dan klik pilihan menulis dan pilih tampilan HTML.


9. Kemudian pastekan kode yang telah di copy tadi 

10. Setelah itu kembali ke pilihan tampilan menulis, maka akan terbuka tampilan seperti di bawah ini

Dan file powerpoint anda telah tersematkan di blog yang akan anda posting.
Demikian tutorial Cara Memasang/Memasukan File PowerPoint ke Postingan Blog, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

Terimakasih....

berikut contoh file Powerpoint yang di sematkan pada blog :


Posting Komentar

4 Komentar

  1. Terima kasih Pak tutorialnya. Sangat bermanfaat!

    BalasHapus
  2. Ga bisa koment apa apa Pak..kecuali luar biasa..

    BalasHapus
  3. yes dapet ilmu lagi, matur suwun pak

    BalasHapus
  4. Tuangkan terus ilmumu sobat...biar menjadi berkah dan berkat bagi semua

    BalasHapus

 AKSI NYATA TOPIK 1 MERDEKA BELAJAR