RENUNGAN MALAM


 

Sedekah Ilmu?

Ya sedekah ilmu. Malam ini saya chat dengan sosok inspiratif yang membuat saya menemukan ide materi untuk dibagikan lewat blog sederhana ini. Mengapa saya tertarik dengan materi tentang sedekah ilmu?, pertanyaan yang biasa tapi dalam makna. Seorang yang bergelut di bidang dunia pendidikan sangat dekat dengan hal ini, dari alasan inilah kemudian saya yang semula enggan untuk jalan-jalan dengan jari malam ini jadi sangat bernafsu untuk mencari tahu. Dari beberapa rumah blog yang saya kunjungi, akhirnya saya menemukan sesuatu yang menarik sepertinya sesuai dengan apa yang ada di dalam kepala saya.

Rumah blog yang saya kunjungi dan saya menukilkan materinya beralamat di http://insanmadanijambi.org/sedekah-ilmu-sedekah-paling-utama/ dan berikut isi materinya :

“Sedekah yang paling utama ialah seorang muslim belajar suatu ilmu, kemudian mengajarkannya kepada saudara muslim lainnya.” (H.R Ibnu Majah)

Hadist diatas menjelaskan tentang sedekah yang paling utama ialah yang menyangkut masalah makanan, tidak hanya sedekah dalam bentuk makanan yang bisa kita berikan kepada sesama muslim, kita juga bisa memberikan sedekah ilmu. Ilmu dalam hal ini berupa ilmu yang bermanfaat untuk dibagikan kepada sesama umat Allah. Ilmu yang bermanfaat akan jadi Sedekah Jariayah di akhirat kelak.

Ilmu menempati kedudukan yang sangat penting dalam ajaran islam , hal ini terlihat dari banyaknya ayat Al-qur’an yang memandang orang berilmu dalam posisi yang tinggi dan mulya disamping hadis-hadis nabi yang banyak memberi dorongan bagi umatnya untuk terus menuntut ilmu.

Beruntunglah bagi muslim, sekalipun kita tidak memiliki harta untuk disedekahkan, namun kita masih dapat bersedekah dengan ilmu yang kita ajarkan kepada orang lain. Bahkan sedekah ilmu dikategorikan sebagai sedekah yang paling utama.

Dikutip dari Buku Syarah Mukhtaarul Ahaadist oleh Sayyid Ahmad Al-Hasyimi

Dari hal itu saya mulai mendapatka pencerahan, bahwa tidak harus kaya untuk dapat bersedekah harta dan tidak harus pintar untuk bersedekah ilmu. Dalam arti bahwa seberapa pun ilmu yang kita bagikan kepada orang lain dan bermanfaat bagi orang tersebut maka itu sudah termasuk dalam katagori sedekah dalam ilmu, walaupun ilmu yang kita bagikan sangat sederhana dan bisa dikatakan sepele menurut pandangan kita, akan tetapi bagi orang yang belum tahu maka itu adalah hal yang besar dan sangat bermanfaat bagi mereka.

Sepatutnya bersedekah ilmu menjadi prioritas kita sebagai seorang pendidik, baik kepada anak didik kita ataupun sesama rekan guru khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, agar ilmu yang kita miliki menjadi lebih berfaedah.

Saya adalah seorang yang termasuk kedalam golongan dhuafah ilmu, yang masih sangat membutuhkan pasokan ilmu dalam hal apa saja sejauh itu bersifat positif, dan saya sangat bersyukur karena mengenal banyak insan luar biasa dan dermawan atas ilmu yang mereka miliki.

Pada akhirnya saya berpesan kepada diri saya sendiri dan mengajak rekan-rekan pendidik dimanapun berada, mari kita berbagi, karna berbagi itu akan menghasilkan sesuatu rasa yang sangat indah dan berfaedah.

Posting Komentar

13 Komentar

  1. Luar biasa. Semoga ilmu yang Pak guru sedekahkan menjadi sodaqoh jariyah. Menulis ternyata mengasyikkan. Teman saya bahkan bilang, "Tidur di kursi lagi malam ini." Bukan main.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pak, dan alhamdulilah sudah berkomentar dan insyallah petuah-petuah yang Bapak berikan menjadi berkah dan sangat bermanfaat tidak hanya untu saya tapi semua orang yang akan saya tularkan juga.

      Hapus
  2. keren..keren..keren....lanjutkan, jiwa penulis anda sudah sampai kesumsum tulang.....dan jiwa sedekah ilmu itu memang hal yang indah, semakin banyak kita bersedekah semakin bertambah pula ilmu kita.Amin

    BalasHapus
  3. Luar biasa...penuh inspirasi...terus berkarya dan teruslah selalu berbagi ilmunya pak...

    BalasHapus
  4. Luar biasa.
    Sangat menginspirasi kuyung ku ikak.
    👍👍👍👍

    BalasHapus
  5. Luar biasa.
    Sangat menginspirasi kuyung ku ikak.
    👍👍👍👍

    BalasHapus
  6. Luar biasa sekali pak, semangat ya pak, terus menggali ilmu tanpa mengenal batasan waktu. Salut🙏🙏🙏

    BalasHapus
  7. Luar biasa sekali pak, semangat ya pak, terus menggali ilmu tanpa mengenal batasan waktu. Salut🙏🙏🙏

    BalasHapus

 AKSI NYATA TOPIK 1 MERDEKA BELAJAR