PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMIK

Di masa pandemik ini kita selaku guru sebagai tenaga pendidik sebaiknya harus jeli memilih teknik dalam kegiatan mentrasfer ilmu ke peserta didik kita, tak ayal hal ini akan berbanding terbalik dengan metode pembelajaran padayang di gunakan  saat situasi dan kondisi normal seperti biasanya.

Banyak cara dan teknik yang dapat digunakan oleh kita sebagai seorang guru untuk mengatasi hal ini, seperti yang penulis gunakan saat ini. 

Metode Luring dan Daring. Kedua metude ini masih penulis jalani di masa pandemi ini, karena situasi dan kondisi peserta didik tidak sama. Kemampuan ekonomi orang tua peserta didik bervariasi, mulai dari yang mampu, menengah dan tidak mampu.

Persentase peserta didik yang mampu, menengah dan tidak mampu terlihat signifikan, sehingga kedua metode tadi tetap penulis lakukan sehingga pembelajaran yang semestinya didapatkan oleh peserta didik bisa tercapai.

Dalam hal ini penulis akan mencoba berbagi pengalaman yang mungkin rekan-rekan guru dapat menjadikannya referensi untuk dilaksanakan di masa pandemi ini. 

Penulis akan fokus pada pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang penulis laksanakan ialah, pembelajaran dengan menggunakan aplikasi pihak ke 3. Di sini penulis menggunakan aplikasi Google Classroom, yang mana menurut penulis yang masih miskin ilmu teknologi informasi dan komunikasi aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap. 

Selain itu aplikasi ini dapat di gunakan melalui gawai yang sekarang bukan lagi sebagai barang mewah tetapi sudah beralih ke barang kebutuhan, sehingga menurut penulis aplikasi Google Classroom pilihan tepat untuk di gunakan.


     Gambar: Aplikasi Google Classroom

Berikut penulis mencoba berbagi rencana pembelajaran daring yang akan penulis laksanakan nantinya, 


Contoh RPP PJOK Daring


Video Pembelajaran PJOK
By. RATRI BELA YUNANDIANTARA, S.Pd


Demikian penulis ucapkan terimakasih untuk kunjungannya dan komentarnya, serta semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.



 

Posting Komentar

20 Komentar

  1. Saya g bisa berkomentar apa2 lagi pak....luar biasaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maturnuwon Pak Slamet,, anda adalah salah seorang inspirator saya... tetap semangat Pak kita sama2 belajar njih.,..

      Hapus
  2. Keren Pak..calon penulis hebat.. lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pak,, saya meraya tersanjung Bapak bersedia mampir ke Blog saya,, mohon doanya agar saya dapat belajar lebih baik lagi,, aminn..

      Hapus
  3. Tampilan templete nya sudah profesional ini. Konten nya juga mantep pak Ilham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh,,, Pak Utoyo juga mampir,,, terimakasih Pak sudah mampir dan coret2 di blog saya,, jadi bangga saya,, senior sudi mampir ke blog juniornya,, sekali lagi terimakasih Pak Utoyo,,,

      Hapus
  4. Balasan
    1. Terimakasih Bu,, sudah berkunjung, mohon maaf kontennya masih sederhana bu...

      Hapus
  5. Pak..kenapa tabel nya tampilan nya tdk utuh ya? Jd tulisan nya tdk bs di baca keseluruhan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Ibu,,, mungkin karna saya coppy paste saja dari MS word jadi seperti itu,,, insyallah saya cari solusinya Ibu.. Terimakasih sudah mampir dan memberikan masukannya membuat saya lebih semangat lagi dalam memperbaiki blog ini,,, Terimakasi Ibu...

      Hapus
  6. Blognya bagus sekali. Terus berkatya yang bisa dinikmati semua orang. Salam literasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pak,, Berkat dorongan motivasi serta ilmu dari Bapak,,, saya sedikit2 dapat membuat karya sederhana ini,,, mohon tularkan terus ilmunya pak,,,,

      Hapus
  7. Salam kenal pak...
    Saya buka kog meminta akses ya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali pak.. Terimakasih sudah berkunjung serta komentarnya 🙏🙏🙏

      Hapus
  8. Siip pak tetap kerkarya dan semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak,,, mohon dukungan dan saranya terus pak

      Hapus
  9. Balasan
    1. Terimakasih Den Ayu,, sepertinya kalau link celotehan....com bisa disematkan di sini,, sebagai referensi,,,boleh yah...

      Hapus
  10. Semangat pak, tulisanny keren bangeet..

    BalasHapus
  11. Terimakasih Bu,,, maaf masih belajar jadi masih berantakan...hehehe

    BalasHapus

 AKSI NYATA TOPIK 1 MERDEKA BELAJAR